headerLogoLeft headerLong
Untitled Document

Home

Profil

Hak Masyarakat

Informasi Perkara & Persidangan

Direktori Putusan

Transparansi

Pengawasan & Pendisiplinan

Fasilitas

Rubrik Hukum

SOP PTUN Bengkulu

Peraturan & Kebijakan

leftBar
Berita Terbaru
 

 

 

Jadwal Perkara_ - _SIPP PTUN BENGKULU
« September 2018 »
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30
Berikan Suara Anda
polling
Apakah Anda Puas dengan Pelayanan Publik di PTUN Bengkulu ?
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Cukup Memuaskan
Kurang Memuaskan
Hasil Suara Anda
Sangat Memuaskan 1000
Memuaskan 533
Cukup Memuaskan 262
Kurang Memuaskan 93
 
Bunga Raffles (ppmibengkulu.org)
Kediaman Bung Karno (yendi-bengkulu.blogspot.com)
Rumah Fatmawati (rejanglebong.blogspot.com)
Air terjun 9 tingkat (bengkuloe.blogspot.com)
Benteng Marlborough (wisatabengkulu.blogspot.com)
Pantai Panjang (matej21.wordpress.com)
cBerita
www.ptun-bengkulu.go.id, Jl. RE. Martadinata No.01 Bengkulu, Telp (0736) 52011
 

KETUA MAHKAMAH AGUNG HADIRI OPENING LEGAL YEAR 2019 SINGAPURA
Kamis, 10 Januari 2019 - 06:43:40
Singapura – Humas : Memasuki tahun 2019, Mahkamah Agung Singapura menyelenggarakan pembukaan tahun hukum 2019 (Opening Legal Year 2019), Senin (7/01/2019). Kegiatan ini menandai permulaan tahun bagi industri hukum di negeri itu. Kecuali dihadiri oleh insan hukum di negeri Singa tersebut, sejumlah undangan dari berbagai Negara juga hadir, termasuk delegasi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung, YM. Prof. DR. M. Hatta Ali, S.H., M.H., turut serta dalam delegasi, antara lain Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, YM. DR. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., Ketua Kamar Pembinaan, YM. Prof. DR. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M., Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo, S.H., M. Hum., Kepala Biro Hukum dan Humas, DR. Abdullah, S.H., M.S., Hakim Yustisial, Faisal Akbaruddin Taqwa, S.H., LL.M., Kasubag Keamanan Pimpinan, H. Ropi’i, S.H., M.H., dan Koordinator JRTO, Aria Suyudi, S.H., LL.M.

Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Agung Singapura, YM. Sundaresh Menon, mengungkapkan beberapa isu penting, diantaranya peningkatan jumlah perkara, reformasi pendidikan hukum, serta transformasi dan inovasi di pengadilan. Terkait dengan peningkatan jumlah perkara, Sundaresh Menon menyebutkan peningkatan tersebut mencapai rasio lima puluh persen (50%) dibandingkan kondisi pada tahun 2013. Kondisi ini menuntut penyesuaian, baik sumber daya manusia maupun prosedur penanganan. “Kami akan melakukan penyesuaian struktural untuk membantu mengatasi peningkatan beban perkara ini,” ujar Sundaresh Menon, sebagaimana dilansir connectedtoindia.com, Senin (7/01/2019). Sementara itu, terkait dengan reformasi pendidikan hukum, Sundaresh Menon menilai kesuksesan kerja-kerja hukum memerlukan lebih dari sekedar pengetahuan tentang hukum. “Dibutuhkan kompetensi yang dikaitkan dengan disiplin ilmu yang lain, mulai dari (disiplin ilmu) bisnis dan keuangan hingga manajemen proyek dan teknologi informasi. Konsekuensinya, fakultas hukum perlu melakukan hal-hal yang lebih dari sekedar mendidik mahasiswa soal hukum,” tambahnya. Pendidikan hukum ke depan, lanjut Sundaresh Menon dihadapkan pada persoalan yang kompleks dan dinamis yang tidak dapat dijawab oleh fakultas hukum sendiri. Sedangkan berkaitan dengan inovasi dan teknologi pengadilan, Sundaresh Menon berencana meluncurkan platform penyelesaian sengketa secara online (Online Dispute Resolution) di akhir tahun. “(aplikasi ini) bertujuan untuk memudahkan masyarakat menyelesaikan sengketa kecelakaan motor secara online dengan biaya yang rendah,” ungkapnya.




SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG : REBUT KEMBALI KEPERCAYAAN MASYARAKAT
Kamis, 10 Januari 2019 - 06:42:34
Bandung - Humas : Berbagai prestasi yang diraih oleh pengadilan Indonesia dewasa ini sudah cukup membanggakan. Tugas terpenting pengadilan selanjutnya adalah merebut kembali kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan. Karena itu, prestasi-prestasi tersebut haruslah diorientasikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya pencari keadilan. Demikian antara lain disampaikan Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo, S.H., M. Hum., saat melakukan pembinaan terhadap pimpinan empat lingkungan peradilan di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Kamis (3/1/2019) lalu. Selain pimpinan pengadilan tingkat pertama, hadir pula Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan Hakim Agung, YM. DR. H. Abdul Manaf, S.H., M.H.

Dengan diraihnya kepercayaan masyarakat terhadap pengadilan, menurut Pudjoharsoyo, maka tidak ada lagi masyarakat yang akan ‘kasak kusuk’ lagi dalam menuntut hak dan mendapatkan keadilan. Dua Strategi Meraih Kepercayaan Masyarakat




KETUA MA MENYERAHKAN SUMBANGAN DANA KEPADA KELUARGA HAKIM KORBAN JATUHNYA PESAWAT LION AIR
Rabu, 07 November 2018 - 01:43:47
Humas-Jakarta: Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., menyerahkan sumbangan dana kepada para keluarga hakim yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di Karawang pada Senin 29 Oktober 2018 lalu. Sumbangan ini merupakan tali kasih serta bukti empati dan keprihatinan mendalam dari seluruh warga Mahkamah Agung di seluruh Indonesia. Penyerahan sumbangan ini dilakasanakan pada acara Sillaturrahmi Keluarga Besar Mahkamah Agung RI dan PT. Taspen (Persero) di hotel Borobudur Jakarta pada Senin 5 November 2018. Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial dalam sambutannya dalam acara tersebut mengatakan bahwa para hakim yang meninggal adalah putra putri terbaik Mahkamah Agung. ?Beliau-Beliau adalah putra putri terbaik yang dimiliki Mahkamah Agung, MA merasa sangat kehilangan dan bersedih atas kejadian ini.? Kata Sunarto dalam suara yang parau. ?Doa terbaik kita panjatkan kepada Allah agar semua penumpang diberikan tempat terbaik di sisiNya?. Lanjutnya.

Sunarto menegaskan bahwa sumbangan yang akan diserahkan ini merupakan spontanitas warga Mahkamah Agung di seluruh Indonesia yang merasa sangat kehilangan dan bukti empati terdalam kepada keluarga Hakim yang menjadi korban. SINERGITAS MA DAN TASPEN Direktur Utama PT. Taspen (Persero) Iqbal Latanro dalam sambutannya menegaskan bahwa Taspen turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga hakim yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air. Iqbal mengatakan bahwa Taspen akan memberikan Jaminan Kecelakaan, Jaminan Kematian dan Beasiswa kepada keluarga korban. Hal ini menurut Iqbal sesuai dengan komitmen Taspen dalam memberikan layanan proaktif kepada para Pegawai Negeri Sipil. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Sunarto mengatakan bahwa semua kerja sama antara Mahkamah Agung dan PT Taspen meningkat, dan MA sangat mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh PT. Taspen. MA menurut Sunarto memandang Taspen sangat responsive dalam memberikan pelayanan. Hadir dalam acara ini para pimpinan Mahkamah Agung, para Pimpinan PT. Taspen, keluarga Hakim yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air, Kepala Biro Hukum dan Humas MA dan undangan lainnya. (Azh/RN)




PEMBINAAN PEJABAT ESELON I MAHKAMAH AGUNG DI BANDUNG ANGKAT TEMA KEPEMIMPINAN PENGADILAN
Rabu, 07 November 2018 - 01:42:32
Bandung - Humas: Pembinaan Pejabat Eselon 1 Mahkamah Agung terhadap pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding pada empat lingkungan peradilan di wilayah Jawa Barat mengusung isu kepemimpinan pengadilan sebagai tema. Kegiatan yang dipimpin oleh Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo, S.H., M. Hum tersebut diisi dengan pemaparan tentang kepempinan pengadilan dari masing-masing pejabat eselon 1 Mahkamah Agung, yakni Sekretaris Mahkamah Agung, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara, Kepala Badan Pengawasan, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan. Isu kepemimpinan diungkap pertama kali dalam forum pembinaan tersebut oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Herry Swantoro. Dalam pemaparannya, Herry menjelaskan tentang kepemimpinan secara umum dari pengertian, tugas, peranan, gaya kepemimpinan, hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, hingga pentingnya pimpinan memahami SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat).

?Pemimpin adalah orang yang mendorong dan menggerakkan orang lain untuk bekerjasama mencapai tujuan tertentu dan bertugas merencanakan, menyusun, memilih orang, memimpin, mengarahkan dan mengendalikan,? ujar Herry. Pemaparan Herry Swantoro itu lantas diamini oleh pembicara-pembicara setelahnya, yakni Dirjen Badan Peradilan Agama, Dirjen Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara, Kepala Badan Pengawasan dan Kepala Balitbang Diklat Kumdil. Kepemimpinan Pengadilan Sekretaris Mahkamah Agung yang menjadi pembicara pamungkas secara khusus membicarakan tentang kepemimpinan pengadilan dikaitkan dengan kesekretariatan pengadilan. ?Ketua pengadilan, selain bertanggung jawab terhadap masalah kepaniteraan, juga membawahi dan menjadi penanggung jawab sekretaris pengadilan, ?papar A. S. Pudjoharsoyo. Terkait dengan hal tersebut, lanjut Pudjoharsoyo, pimpinan pengadilan agar berusaha belajar memahami masalah-masalah kesekretariatan, sehingga pimpinan pengadilan dapat mengelola keseluruhan aspek aktifitas pengadilan dibawah koordinasinya. ?Dengan pemahaman seperti itu, kita berharap tidak ada lagi pimpinan pengadilan yang hanya mengandalkan sekretaris untuk urusan-urusan kesekretariatan tanpa pemahaman yang baik,? ungkap Pudjoharsoyo lebih lanjut. Di bagian lain, Pudjoharsoyo menjelaskan pentingnya kepemimpinan pengadilan yang menjadi salah satu misi Mahkamah Agung yakni meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan. (Humas / MN / RS Foto pepy)



Halaman : | 1 2 3... 73 | Berikutnya >> | Akhir >>
Jumlah Berita Seluruhnya = 289
rightBar
PTUN BENGKULU
Jl. RE. Martadinata No.01, Bengkulu Telp. (0736) 52011
 
 

JDIH PTUN BENGKULU

 
 
 
 
Jadwal Persidangan
No Perkara
Penggugat
Tergugat
KPU KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Majelis Hakim
A, B, C2
Panitera
D10
Acara
PEMBACAAN PUTUSAN
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-13, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
KEPALA KANTOR PERTANAHAN KOTA BENGKULU
Majelis Hakim
C2, C3, C4
Panitera
D9
Acara
BUKTI SURAT PARA PIHAK
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-06, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
BUPATI REJANG LEBONG
Majelis Hakim
B , C3 , C4
Panitera
D7
Acara
BUKTI SURAT PARA PIHAK
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-06, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
DUKCAPIL KABUPATEN KEPAHIYANG DAN KEMENTRIAN AGAMA RI DIRJEN PENYELENGGARA HAJI
Majelis Hakim
C1, C2, C4
Panitera
D8
Acara
REPLIK
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-08, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
-
Majelis Hakim
A , C1 , C2
Panitera
D2
Acara
TAMBAHAN BUKTI SURAT DAN KETERANGAN SAKSI DAN AHLI
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-07, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
KEPALA RUTAN KELAS II MANNA
Majelis Hakim
B , C3 , C4
Panitera
D5
Acara
TAMBAHAN BUKTI SURAT PARA PIHAK
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-08, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
KEPALA KANTOR PERTANAHAN KOTA BENGKULU
Majelis Hakim
C1 , C3, C4
Panitera
D6
Acara
SAKSI TII INTERVENSI
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-01, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
KEPALA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN LEBONG D
Majelis Hakim
A , C2 , C3
Panitera
D
Acara
PEMBACAAN PUTUSAN
Tgl Sidang Terbuka
2018-11-14, 10.00

 
 
 
Se-Wilayah Hukum
PT.TUN MEDAN
PTUN MEDAN
PTUN PALEMBANG
PTUN PADANG
PTUN BANDAR LAMPUNG
PTUN BANDA ACEH
PTUN PEKANBARU
PTUN JAMBI
PTUN BENGKULU
Se-Wilayah Hukum
PT. TUN JAKARTA
PTUN JAKARTA
PTUN BANDUNG
PTUN BANJARMASIN
PTUN PONTIANAK
PTUN SAMARINDA
PTUN PALANGKARAYA
Se-Wilayah Hukum
PT. TUN SURABAYA
PTUN SEMARANG
PTUN YOGYAKARTA
PTUN SURABAYA
PTUN DENPASAR
PTUN KUPANG
PTUN MATARAM
Se-Wilayah Hukum
PT. TUN MAKASSAR
PTUN MAKASSAR
PTUN MANADO
PTUN PALU
PTUN KENDARI
PTUN AMBON
PTUN JAYAPURA
Copyright (c) by A2R Team. All Right Reserved