headerLogoLeft headerLong
Untitled Document

Home

Profil

Hak Masyarakat

Informasi Perkara & Persidangan

Direktori Putusan

Transparansi

Pengawasan & Pendisiplinan

Fasilitas

Rubrik Hukum

SOP PTUN Bengkulu

Peraturan & Kebijakan

leftBar
Berita Terbaru
 

 

 

Jadwal Perkara_ - _SIPP PTUN BENGKULU
« September 2017 »
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Berikan Suara Anda
polling
Apakah Anda Puas dengan Pelayanan Publik di PTUN Bengkulu ?
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Cukup Memuaskan
Kurang Memuaskan
Hasil Suara Anda
Sangat Memuaskan 988
Memuaskan 530
Cukup Memuaskan 260
Kurang Memuaskan 86
 
Bunga Raffles (ppmibengkulu.org)
Kediaman Bung Karno (yendi-bengkulu.blogspot.com)
Rumah Fatmawati (rejanglebong.blogspot.com)
Air terjun 9 tingkat (bengkuloe.blogspot.com)
Benteng Marlborough (wisatabengkulu.blogspot.com)
Pantai Panjang (matej21.wordpress.com)
cBerita
www.ptun-bengkulu.go.id, Jl. RE. Martadinata No.01 Bengkulu, Telp (0736) 52011
 

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Server di Lingkungan Ditjen Badilmiltun
Rabu, 06 September 2017 - 17:53:11
Jakarta - ditjenmiltun.net. Selasa, 05 September 2017 bertempat di Ruang Data Center Ditjen Badilmiltun Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI, Jalan Ahmad Yani Kav 58 Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat, dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Server. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Ditjen Badilmiltun Widiyanti, S.H., M.H. (selaku Koordinator Bagian Teknologi Informatika/IT Ditjen Badilmiltun) mewakili Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny H. V. Hutauruk, S.E., A.k., M.M. Dalam sambutannya, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Ditjen Badilmiltun menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai wadah knowledge sharing di bidang teknologi informatika (TI) dan tentunya sangat bermanfaat karena pada masa sekarang Mahkamah Agung sedang melakukan inovasi-inovasi dalam bidang teknologi informatika untuk mewujudkan proses modernisasi peradilan, terbukti dengan adanya inovasi dalam bentuk aplikasi berbasiskan client-server, seperti : Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP), Direktori Putusan, Sistem Informasi Mahkamah Agung (SiMaRI), Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS), Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP), E-Learning, E-Diklat dan E-Monev.

Kegiatan ini dihadiri oleh 17 (tujuh belas) peserta diantaranya 1 (satu) orang Pejabat Eselon II, 1 (satu) orang Pejabat Eselon III, 3 (tiga) orang Pejabat Eselon IV dan 12 (dua belas) orang staff. Adapun narasumber pada Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Server ini adalah Helmi Indra Mahyudin, S.Fil (selaku Team IT/Team Development Aplikasi pada Kepaniteraan Mahkamah Agung). Kegiatan ini terbagi ke dalam 2 (dua) sesi, dimana pada sesi pertama membahas hal-hal teoritis mengenai fungsionalitas server sebagai wadah untuk menyediakan beragam layanan informatika, dan kemudian pada sesi kedua membahas mengenai praktik installasi dan konfigurasi server virtual (virtual private server). Dalam paparan sesi pertama, narasumber membahas beragam jenis pemanfaatan server yang umumnya digunakan pada saat ini, seperti : application server, database server, web server, networking server dan file server. Selanjutnya pada sesi kedua, narasumber melatih para peserta dengan praktik membuat server virtual dari sebuah server fisik menggunakan proxmox, kemudian menjelaskan langkah-langkah dan konfigurasi dalam menginstall linux centos pada sebuah server virtual. Tak ketinggalan juga, narasumber mengenalkan perintah-perintah dasar yang digunakan untuk mengoperasikan sistem operasi linux centos. Selain itu peserta juga dilatih dengan praktik membuat file server menggunakan samba pada linux centos yang berfungsi sebagai file server. Dan bagian yang tidak kalah pentingnya, narasumber melatih para peserta dengan praktik installasi dan konfigurasi webmin. Webmin adalah aplikasi pengelola layanan pada server yang berbasiskan web, selain untuk mengelola layanan pada server, webmin juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan monitoring dan administrasi sistem operasi linux centos dengan mudah tanpa perlu direpotkan dengan perintah dasar linux. Di penghujung kegiatan, peserta diberikan pemaparan langkah-langkah membuat web server yang dapat dimanfaatkan untuk memproses sebuah halaman website (html/php) maupun aplikasi yang berbasiskan web seperti misalnya Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).




KMA : “ APARATUR PERADILAN HARUS MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI”
Senin, 28 Agustus 2017 - 17:42:31
Jakarta – Humas : Mahkamah Agung dalam cetak biru pembaharuan peradilan 2010 – 2035, telah menuangkan upaya perbaikan untuk mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung, yang salah satu upayanya adalah berorientasi pada pelayanan publik yang prima. salah satu misi yang telah ditetapkan yakni memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan. Oleh karena itu menjadi keharusan bagi setiap Badan Peradilan untuk meningkatkan pelayanan publik dan memberikan jaminan proses peradilan yang adil. Tuntutan publik terhadap layanan lembaga peradilan semakin meningkat seiring dengan makin massifnya penggunaan teknologi informasi serta berbagai regulasi yang membuka ruang kepada publik untuk mengakses informasi dan mendapatkan layanan yang prima dari lembaga-lembaga publik. Pada kondisi demikian, aparatur peradilan harus semakin membuka diri terhadap perubahan serta adaptif terhadap perkembangan yang ada di sekitarnya.

Berdasarkan laporan Ombudsman Republik Indonesia, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yaitu 2014-2016, Pengadilan Negeri merupakan lembaga peradilan yang paling banyak diadukan yaitu sebanyak 394 aduan dengan jenis mal administrasi yang paling banyak dikeluhkan publik adalah penundaan perkara yang berlarut-larut sebanyak 215 aduan, tidak kompeten dalam melaksanakan kinerja dalam sistem peradilan sebanyak 117 aduan, dan penyimpangan prosedur sebanyak 115 aduan. Kesemua laporan tersebut hendaknya menjadi perhatian serius bagi semua aparatur peradilan untuk terus berbenah karena tuntutan publik terhadap pelayanan peradilan yang berkualitas semakin tinggi. “Aparatur peradilan sudah tidak selayaknya lagi mempertahankan budaya ingin dilayani tapi harus berparadigma melayani dengan sepenuh hati dan penuh keikhlasan”, tutur Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH dalam sambutan peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (one gate integrated service), Pendaftaran gugatan secara online dan e-persuratan. Sedangkan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. Herry Swantoro, SH., MH mengemukakan bahwa dalam sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pelayanan harus terwujud menjadi terstruktur dan terukur (direct service) pada akhirnya akan menghasilkan perwujuddan speedy justice dan menghasilkan stigma buruk serta cap sebagai kinerja yang menghasilkan adagium “Justice delayed justice denied” dapat dihilangkan. Apabila keadilan diterapkan terlambat, maka sama saja tidak ada keadilan, ibarat pepatah mengatakan “Justice and efficiency go hand in hand”, keadilan dan efisiensi itu harus selalu bergandengan tangan. penyelenggaraan peradilan yang tidak efisien dan tidak efektif akan berujung pada hambatan memperoleh keadilan itu sendiri. Acara yang berlangsung pada jum’at, 25 agustus 2017 di aula gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini, juga dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Ketua kamar, Hakim Agung, Pejabat eselon I dan II, Ketua Pengadilan Tinggi, serta para Ketua Pengadilan Negeri sewilayah Jabodetabek. “Kita menyadari bahwa tidak semua sumber daya aparatur peradilan sudah melek teknologi namun tiada kata terlambat untuk belajar. Aparatur peradilan tidak boleh terlena berada dalam zona nyaman (comfort zone) karena mereka yang tidak siap dengan perubahan, maka harus siap tergilas dengan perubahan itu sendiri, tegas Hatta Ali. (humas)




Ketua MA: “Fungsi Pengadilan Tidak Akan Optimal Tanpa Peran Media”
Rabu, 23 Agustus 2017 - 19:50:43
Humas-Bandung: Demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Mahkamah Agung sudah melakukan banyak sekali pembaruan. Pembaruan tersebut khususnya dimulai sejak adanya Buku Cetak Biru tahun 2003-2008 yang kemudian dilanjutkan Buku Cetak Biru 2010-2035. Pembaruan-pembaruan yang sangat penting bagi masyarakat tersebut antara lain adalah mudahnya mengakses informasi perkara dan mudahnya melakukan pengaduan melalui online.

Terkait pembaruan-pembaruan yang telah dilakukan, Mahkamah Agung merasa penting untuk membangun dialog dengan masyarakat dan dengan media pada khususnya, masyarakat harus tahu apa yang telah dilakukan oleh MA, selain itu pemahaman yang tepat dapat membantu masyarakat dalam memahami proses penegakan hukum dan membantu pengadilan dalam menjalankan tugas serta mewujudkan visi dan misinya. Disinilah MA berharap media dapat menyebarkan pembaruan-pembaruan tersebut kepada masyarakat, karena fungsi pengadilan tidak akan optimal tanpa peran media. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH yang diwakili oleh Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung, Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LLM., dalam pembukaan acara Lokakarya Bersama Media antara Mahkamah Agung dengan EU-UNDP Sustain di Hotel El Royale, Bandung, 23 Agustus 2017. Acara ini diikuti oleh wartawan-wartawan media cetak dan elektronik dari Jakarta dan Jawa Barat, Tim Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, dan Tim Humas Pengadilan Negeri Bandung. Terkait kerjasama dengan pemerintah Uni Eropa, Prof. Takdir menyampaikan bahwa kerja sama yang telah terjalin antara Mahkamah Agung RI dengan pemerintah Uni Eropa dalam hal ini EU-UNDP Sustain sejak 2015 bisa berjalan lebih baik lagi dan menghasilkan inovasi-inovasi yang makin bermanfaat untuk masyarakat. Inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh MA kerja sama dengan EU-UNDP Sustain sudah banyak, dua diantaranya yang sangat signifikan adalah pertama, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Ini adalah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan siapapun di manapun untuk mengetahui informasi perkara, baik terkait siapa hakimnya, amar putusannya atau progress perkara terkini, sudah putus atau belum. Kemudian yang kedua adalah Siwas (sistem pengawasan). Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2016 ini adalah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam mengadukan pelayanan di MA dan pengadilan di bawahnya. Baik mengenai kinerja hakim, panitera, serta seluruh aparatur negara terkait putusan yang ada di MA dan pengadilan di bawahnya. Aplikasi SIWAS sudah diperbarui dengan Siwas Versi 2.0, di mana dalam salah dua unggulannya adalah identitas pelapor akan terjaga dan aplikasi ini sudah terintegrasi dengan SIKEP, sehingga memudahkan bagi para pimpinan untuk melakukan promosi dan mutasi hakim. Presiden EU-UNDP melalui perwakilannya, Nisa Istiani menyampaikan bahwa acara lokakarya ini terinspirasi oleh sambutan yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung dalam acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung tahun 2016 yang menyatakan bahwa pembaruan peradilan tidak hanya harus dilakukan tetapi harus terlihat dilakukan. Untuk itulah hubungan MA dengan Media harus dijembatani agar citra positif MA semakin tersebar dan pembaruan-pembaruan yang telah dilakukan MA bisa diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Acara lokakarya yang akan berlangsung hingga Jum’at tanggal 25 Agustus 2017 ini akan diisi dengan beragam sesi diskusi dan kunjungan ke Pengadilan Negeri Bandung untuk mengajak para wartawan melihat ruang sidang, sistem informasi pengadilan, ruang pengadilan anak-anak secara langsung. (Azh/IP(photo)/RS)




HUT MA KE 72, BERTEKAD MENINGKATKAN PROFESIONALISME DALAM MENEGAKKAN KEBENARAN DAN KEADILAN
Senin, 21 Agustus 2017 - 20:06:16
Bogor - Humas : Dalam perayaan Hut MA ke 72 yang bertempat di lokasi Agrowisata Gunung Mas, Jawa Barat, Sabtu (19/8/2017). Dalam peringatan HUT kali ini, MA mengusung tema “Mens Sana in Corpore Sano” dengan harapan dapat membangkitkan semangat jiwa dan raga para aparatur peradilan dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. "Dengan tubuh dan jiwa yang sehat kita bisa menjalankan aktivitas dengan baik. Saya mengajak kepada semuanya agar menjadikan momentum ulang tahun ini sebagai sarana untuk membangun kerjasama yang baik diantara aparatur peradilan," ujar Ketua Mahkamah Agung, Prof. DR. M. Hatta Ali, SH, MH dalam pidato sambutannya di sela-sela upacara yang dihadiri oleh 1761 peserta.

Ketua MA menuturkan aparatur peradilan perlu meningkatkan kepekaannya terhadap nilai-nilai keadilan di masyarakat dalam menghadapi problematika hukum yang belakangan ini sering menjadi sorotan publik. Ia juga berharap lembaga yang dipimpinnya terus semakin profesional dan konsisten dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan. "Perjuangan itu tidak mudah, perlu usaha dan kerja keras dari seluruh komponen, oleh karena itu ada empat misi yang menjadi panduan yaitu menjaga kemandirian, pelayanan hukum yang berkeadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan dan kredibilitas, serta transparansi badan peradilan," tegas Hatta Ali Segenap aparatur peradilan juga diminta untuk mengutamakan sikap toleransi dalam melayani publik dan pencari keadilan. Ia pun berharap aparatur peradilan bisa saling bekerja sama dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan. Perayaan kali ini, berbagai macam perlombaan diadakan, seperti Jalan Santai, Lomba balap karung dan tarik tambang, tidak hanya itu diakhir acara diadakan pemberian doorprize kepada para peserta. (Humas)



Halaman : << Awal | << Sebelumnya| 1 2 3 4... 58 | Berikutnya >> | Akhir >>
Jumlah Berita Seluruhnya = 230
rightBar
PTUN BENGKULU
Jl. RE. Martadinata No.01, Bengkulu Telp. (0736) 52011
 
 

JDIH PTUN BENGKULU

 
 
 
 
Jadwal Persidangan
No Perkara
Penggugat
Tergugat
GUBERNUR BENGKULU
Majelis Hakim
C3, C4, C5
Panitera
D2
Acara
PERBAIKAN GUGATAN
Tgl Sidang Terbuka
2017-09-26, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
KEPALA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN REJANG LEBONG
Majelis Hakim
C1 , C3, C6
Panitera
D7
Acara
JAWABAN TI, TII INTERVENSI & BUKTI SURAT PARA PIHAK
Tgl Sidang Terbuka
2017-09-27, 10.00

No Perkara
Penggugat
Tergugat
KEPALA KELURAHAN PEMATANG GUBERNUR, CAMAT MUARA BANGKAHULU
Majelis Hakim
C2, C4, C7
Panitera
D8
Acara
PEMBACAAN PUTUSAN
Tgl Sidang Terbuka
2017-10-03, 10.00

 
 
 
Se-Wilayah Hukum
PT.TUN MEDAN
PTUN MEDAN
PTUN PALEMBANG
PTUN PADANG
PTUN BANDAR LAMPUNG
PTUN BANDA ACEH
PTUN PEKANBARU
PTUN JAMBI
PTUN BENGKULU
Se-Wilayah Hukum
PT. TUN JAKARTA
PTUN JAKARTA
PTUN BANDUNG
PTUN BANJARMASIN
PTUN PONTIANAK
PTUN SAMARINDA
PTUN PALANGKARAYA
Se-Wilayah Hukum
PT. TUN SURABAYA
PTUN SEMARANG
PTUN YOGYAKARTA
PTUN SURABAYA
PTUN DENPASAR
PTUN KUPANG
PTUN MATARAM
Se-Wilayah Hukum
PT. TUN MAKASSAR
PTUN MAKASSAR
PTUN MANADO
PTUN PALU
PTUN KENDARI
PTUN AMBON
PTUN JAYAPURA
Copyright (c) by A2R Team. All Right Reserved