Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN TATA USAHA NEGARA BENGKULU

Jl. RE. Martadinata No. 1. Telp (0736) 52011. email : ptun.bengkulu@gmail.com & bengkulu@ptun.org

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseSpanish

“Webinar Tridasawarsa Peratun ke-30 Secara Virtual”

“Webinar Tridasawarsa Peratun ke-30 Secara Virtual”

Bengkulu – Keluarga Besar Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bengkulu mengikuti kegiatan Webinar Tri Dasawarsa HUT Peratun ke-30 secara Virtual di Ruang Media Center Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bengkulu pada  hari ini Rabu (7/04/2021) dimulai dari Pukul 09.0.  YM Prof. Dr. H. Supandi,S.H.,M.H selaku Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI menyampaikan kata sambutan terkait dengan kegiatan ini dan mengapresiasi seluruh Panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini.

“Usia 30 tahun bukan lagi usia yang muda sejak tahun 1991. UU No 5 tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara secara resmi beroperasi sejak tanggal 14 Januari 1991, Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1991 tentang penerapan UU No.5  Tahun 1986, maka pada tanggal 14 Januari itulah kita semua sepakat sebagai hari Kelahiran Peradilan Tata Usaha Negara Indonesia. Karena keadaan pandemi yang sedang kita alami, maka pada hari ini ulang tahun itu tetap kami wujudkan dalam bentuk memberikan sumbangsih kepada negeri tentang pendapat ilmiah tentang perkembangan hukum terakhir mudah-mudahan ini akan sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara hukum kita” tutur H. Supandi.

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Agung RI Yang Mulia Prof.Dr. M. Syarifuddin,SH.,MH juga menyampaikan kata sambutan.

“Saya ingin berpesan kepada Keluarga Besar Peradilan Tata Usaha Negara khususnya kepada Hakim agar selalu meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan yuridis dengan tetap berpegang pada integritas dan profesionalisme. Pengetahuan yang kokoh akan memajukan kita, sementara integritas akan menyelamatkan dan memuliakan kita. Karenanya bersemangatlah dalam menimba pengetahuan,ikhlas dalam bekerja dan tetap menjaga integritas sehingga Peradilan Tata Usaha Negara dapat ikut terus berperan aktif dalam menjaga dan menegakkan marwah Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya” tutur M. Syarifuddin.

Adapun tema yang diusung dalam Webinar ini adalah “Kontrol Yudisial terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan Pasca Undang-Undang Cipta Kerja”  dengan Pemateri yaitu

  1. Yang Terpelajar Prof. Dr. Zudan A.Fakrullah,S.H.,M.H., dengan materi “Perkembangan Politik Hukum atas Kontrol Yudisial terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan”
  2. Yang Terpelajar Prof.Dr.Abdul Latief,S.H.,M.Hum., dengan materi “Kontrol Yudisial Terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan Melalui Sarana Hukum Pidana”
  3. Yang Terpelajar Prof. Dr.M.Guntur Hamzah,S.H.,M.H., dengan materi “Kontrol Yudisial terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan Melalu Sarana Hukum Administratif”
  4. Yang Terpelajar Prof. Dr. Indriyanti S.Adji,S.H.,M.H., dengan materi “Ius Constituendum: Harmonisasi Kontrol Yudisial Terhadap Penyalahgunaan Wewenang Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan” (ds)